Applause untuk BUMDes Mandiri

Administrator 26 Maret 2019 09:59:39 WIB

BUMDES MANDIRI DESA SERBANANTI MENDAPAT APPLAUSE OLEH MASYARAKAT SERBANANTI

Serbananti, 25/03/2019, Pukul 16.00 Wib

Masyarakat Serbananti yang terletak pada desa terpencil ini memanfaatkan Air sungai untuk kebutuhan sehari-hari. Warga terpaksa harus menempuh jarak yang cukup jauh serta jalan yang curam dan menanjak  untuk mendapat air bersih. Setelah melihat kondisi lingkungan terhadap ketersediaan air yang cukup sulit, baru diputuskan tindakan apa yang harus dilakukan yakni Pembuatan sumur bor menjadi alternative untuk menemukan sumber air yang bisa diolah menjadi air bersih.

Sistem pengelolaan air bersih ini seperti jaringan PDAM, yang menggunakan meteran air untuk para pelanggannya. Hingga akhirnya mampu mencukupi sedikitnya 450 sambungan rumah tangga. Sambungan fasilitas umum seperti masjid, sekolah dan sambungan rumah tangga, Jaringan pipa terpasang sepanjang 10 kilometer (KM), yang disalurkan ke 5 titik Sumur Bor Bumdes Mandiri.

Berjalan dua tahun, akhirnya BUMDes Mandiri bisa mengelola secara mandiri program air bersih itu. Sekarang sudah ada Lima sumur air. Semua dikelola BUMDes yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bagi warga, Sistem yang digunakan dalam pengelolaan air bersih seperti PDAM. Masing-masing warga yang menjadi pelanggan diberi meteran air untuk menghitung kebutuhan dan konsumsi air per bulan. Per meternya warga hanya membayar Rp 3.000 per bulan. Dari pembayaran pelanggan itu, kini BUMDes Mandiri sudah bisa menggaji 6 orang Anggota dan untuk biaya pengelolaan dan perawatan alat.

Pada hari Rabu (28/11/2018) bertempat di Kantor Desa Serbananti Kecamatan Sipispis yang dihadiri oleh elemen masyarakat yang meliputi Kepala Desa, Unsur Perangkat Desa, Unsur BPD, Unsur LKMD, Unsur BUMDesa, dan Unsur Tokoh Masyarakat telah mengadakan musyawarah membahas Laporan Pertanggung Jawaban Keuangan dan Operasional BUMDesa Mandiri Tahun anggaran 2018.  Sisa Hasil Usaha BUMDesa Mandiri untuk Tahun 2018 sebesar Rp. 43.508.000.- yang dialokasikan untuk Pengurus Pengelola BUMDes, Pengawas, Penasehat, Rapat Anggota Tahunan (RAT), Penambahan Modal BUMDes dan Pendapatan Asli Desa (PAD). “Bumdes Mandiri juga membagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar 1 Juta Rupiah/ Rumah Ibadah untuk 4 Rumah Ibadah” Ujar Direktur Bumdes Mandiri”. Seluruh elemen yang hadir bertepuk tangan atas keberhasilan Bumdes Mandiri dalam melaksanakan Pengelolaan/Manajeman Badan Usaha Milik Desa Tersebut. (Tim SID)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Desa Serbananti

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung